Pengelolaan Gudang

Mengelola gudang yang memiliki ukuran besar merupakan pekerjaan yang sangat menantang dan membutuhkan skill yang sesuai. Di berbagai perusahaan, warehouse management berada di level atas yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, serta banyak investasi yang terlibat di fasilitas tersebut. Mengapa gudang perlu dikelola secara teliti?

Aktivitas yang ada di gudang setiap harinya tentu saja tidak sedikit. Ada kemungkinan ratusan order yang diterima per hari dan semuanya membutuhkan konsolidasi individual, pengepakan, dan pengiriman yang menggunakan ratusan alat pengangkut. Berbagai macam aktivitas ini perlu dikendalikan agar gudang dapat berfungsi dengan baik. Contohnya, untuk jangka panjang dan menengah, perencanaan kapasitas perlu dilakukan untuk memastikan pertumbuhan dapat diakomodasi sehingga pada saat seasonal peak dapat dipenuhi di tingkat yang dibutuhkan. Dalam perencanaan jangka pendek, perincian perencanaan beban kerja diperlukan untuk memastikan bahwa peralatan dan staf yang dibutuhkan sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan.

Selain perencanaan, hal yang perlu diperhatikan lagi dalam pengelolaan gudang adalah adanya penilaian resiko untuk meneliti potensi bahaya, mencegah bahaya, dan memperkecil kerusakan. Contohnya, pembuatan untuk posisi supir truk, picking and packing stations. Peraturan-peraturan ini biasanya dikeluarkan oleh Storage Equipment Manufacturers Association (SEMA) di Inggris dan F?d?ration Europ?enne de la Manutention (FEM) di Eropa.

Bookmark the permalink.

Comments are closed.